#SEHATBERDUA BERSAMA 20FIT | NIKEN ROSE

1 Comments




Halo temen temen,

Sebelumnya, terimakasih kepada 20FIT dan Clozette sudah memilih aku untuk mengikuti challenge #SehatBerdua. Dari dulu, aku selalu ditekankan oleh keluargaku untuk hidup sehat. Karena badanku yang sekarang sudah overweight, aku mulai sadar bahwa aku harus mengubah pola hidupku agar menjadi sehat. Papaku bilang bahwa jika aku olahraga, tujuannya jangan dibuat untuk membuat badanku langsing, tapi membuat hidup menjadi lebih sehat. Dari dulu aku selalu melakukan diet yang lumayan ekstrim yang akhirnya membuat aku pingsan dan sakit. Aku tidak mau menjadi seperti itu lagi. Sekarang, mindsetku adalah 'Olahraga Untuk Hidup Sehat'. Proses itu diawali dengan mengikuti training EMS di 20FIT. 

Aku mengikuti tantangan #SehatBerdua ini dengan orang yang aku sayang, sahabatku, namanya Ditha Damayanti. Kita berdua dari dulu pingin banget coba EMS training ini. Ternyata lebih asik loh berolahraga bersama pasangan. Bisa pacar, suami/istri, kakak, ibu/ayah, dan juga sahabat. Ada beberapa manfaat yang aku dapatkan dengan berolahraga dengan sahabat.

1. Menguatkan hubungan persahabatan. Sekarang, aku dan Ditha jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Akhirnya kita bisa bertemu lagi  untuk berolahraga bersama di 20FIT.

2. Menambah semangat. Suka garing nggak sih kalo olahraga sendirian? Untunglah aku ditemani sahabatku untuk challenge #SehatBerdua ini. Saat latihan EMS walaupun cape, pegel, tapi tetap fun karena ada sahabat yang menemani.

3. Memotivasi. Karena baru pertama kali melakukan latihan EMS ini, aku kelawahan. Sering banget aku bilang 'Udah ah, ngga kuat'. Disaat itulah, sahabatku menyemangati aku bahwa aku bisa, aku kuat. Aku jadi termotivasi berkat kata-kata sahabatku, Ditha.

4. Sehat Berdua. Berolahraga adalah kegiatan yang memiliki manfaat untuk tubuh. Karena dilakukan bersama sahabat, olahraga terasa lebih menyenangkan. Olahraga yang menyenangkan menjadikan manfaat dua kali lipat. Olahraga baik untuk tubuh, menyenangkan untuk pikiran kita.



EMS itu apa sih? Aku kasih sedikit penjabaranku dari pengalamanku EMS training di 20FIT ya. Electrical Muscle Stimulation (EMS) juga dikenal sebagai neuromuscular electrical stimulation (NMES) atau electromyostimulation, adalah elisitasi kontraksi otot menggunakan impuls listrik. Teknologi tersebut dibuat dalam bentuk alat yang dipasangkan di area otot lengan, tubuh, dan paha. Alat tersebut akan menyalurkan listrik ke tubuh si pengguna yang membuat otot berkontraksi sehingga menambahkan beban latihan ketika melakukan gerakan olahraga.  Maka dari itu, latihan hanya dengan durasi 20 menit akan setara dengan latihan selama 2 jam.




Aku mengikuti latihan EMS di 20FIT di cabang Central Park, Jakarta Barat. Sebelumnya aku sudah reservasi terlebih dahulu. Saranku, buat temen-temen yang ingin mencoba latihan di 20FIT, sebaiknya menghubungi terlebih dahulu karena 20FIT ini cukup ramai dan agar kita bisa mencocokan jadwal yang pas untuk latihan. Setelah aku sampai, aku dan Ditha mengisi formulir terlebih dahulu. Lalu disana sudah disiapkan baju dan celana khusus untuk latihan. Jadi, mau pakai baju apapun dari rumah, disana pasti akan ganti juga. Bajunya ketat berwarna hitam. Ada berbagai macam ukuran, dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Bajunya memang diharuskan ketat, tapi tetap nyaman dipakai kok. Trainer aku bernama kak Orin, orangnya baik sekali, sabar walau aku selalu ngeluh capek, terus tersenyum, menyenangkan sekali deh orangnya. Sedangkan Ditha dilatih oleh kak Azhari, Studio Manager dari 20FIT cabang Central Park.




Latihan EMS ini sangat berat ya untuk orang yang jarang berolahraga sepertiku dan Ditha, kita berdua sama-sama tidak ada yang melampaui target 20 menit. Aku hanya bisa sampai 10 menit sedangkan Ditha 12 menit. Aku sarankan temen-temen makan terlebih dahulu agar tenaganya kuat untuk latihan EMS ini. Sebelum memulai latihan, kita berdua dipakaikan dulu rompi khusus yang sudah disiapkan. Rompi tersebut ada kabel-kabelnya yang akan dipasangkan di alat dan membuat badan kita terkena aliran listrik. Awalnya aku takut, tapi instruktur memberi penjelasan bahwa listrik yang akan disalurkan ke badan kita aman. Rompi diberi air dulu agar lebih mudah mengalirkan listrik ke badan kita. Ruangan tempat kita berdua latihan tidak terlalu besar tapi nyaman, Setelah sudah selesai semua dipasang ke badanku, trainernya menjelaskan dahulu tentang latihann EMS ini. Trainer mencotohkan dulu gerakan-gerakan yang akan dilakukan, dan jika trainer bilang 'Ready...Go!' kita harus mengikuti gerakan sambil di aliri listrik dari mesin. Di awal-awal, aku masih merasa disetrumnya tidak sesakit itu, tapi makin lama trainer akan menaikan dosis dan tentu rasa cekot cekot tersebut makin terasa. Jangan takut, jika temen-temen merasa tidak sanggup menahan rasa sakitnya, trainer akan menurunkan dosisnya sesuai kemampuan kita kok. Gerakannya biasa saja, seperti squad, jumping, gerak lilin. Tapi karena kita dipasangi aliran listrik, jadi kita harus menahan rasa cekot cekot sambil melakukan gerakan dan mengatur nafas.







Gerakannya repetitif tergantung kita sanggupnya berapa kali, kalau aku satu gerakan maksimal hanya bisa mengulang sampai lima kali. Karena berat badanku sudah melebihi berat badan yang seharusnya, nafasku sangat susah diatur. Untunglah trainernya selalu sabar, jadi aku diberi waktu istirahat untuk mengatur kembali nafasku. Istirahatnya bukan istirahat diam saja ya temen-temen, aku tetap dialiri listrik, hanya saja aku istirahat melakukan gerakan-gerakannya. Maka dari itu, mulai sekarang aku akan teratur berolahraga untuk mengatur nafasku dan agar badanku sehat. Kak Orin bilang berenang adalah olahraga yang tepat untuk mengatur pernapasanku. Terimakasih 20FIT sudah memberikan kesempatan buatku untuk melakukan latihan EMS disana.

Walaupun sakit, tapi aku dan Ditha merasakan kesegaran yang luar biasa. Mengeluarkan keringat sebanyak itu rasanya seperti membuang lemak. Hebatnya lagi, keringat sebanyak itu hanya dengan latihan selama 10 menit, tidak sampai 20 menit. Apa kabar kalau aku berhasil sampai 20 menit? Di tempat gym biasa aku harus latihan beberapa jam untuk menghasilkan keringat sebanyak itu.

Untuk temen-temen yang penasaran dengan harga yang ditawarkan, bisa dilihat foto-foto di bawah ya. Ada juga paket untuk #SehatBerdua, lebih hemat loh.
 









"WHY SPEND 2 HOURS AT THE GYM? IF YOU CAN ACHIEVE THE SAME GOALS IN 20 MINUTES?". 20FIT menyadarkanku untuk apa menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mendapatkan hasil yang sama dalam 20 menit di 20FIT? Aku sangat merekomendasikan 20FIT. Apalagi untuk temen-temen yang sibuk dan tidak ada waktu untuk menghabiskan waktu di gym, 20FIT lah jawabannya.

Buat temen-temen yang penasaran sama 20FIT, bisa diliihat di web dan sosial medianya ya.




Website: 20FIT.CO.ID
Instagram: 20_fit
Facebook: duapuluhfit
Twitter: @20_fit
Youtube: 20fitID


nikenrose@yahoo.com






You may also like

1 comment:

  1. sakit tapiii seger yaa kak^^
    hihi
    trainer kamu dan temenku sama tuuh (kak Orin)..
    Baru sadar kamu di CP juga.. tau gitu kita meetup di CP dulu yaa.. =D

    www.uniquebloggonnabe.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.