Review: Goodnight Mommy / Ich Seh Ich Seh (2015) Bahasa Indonesia

15 Comments

AWAS SPOILER...


Goodnight Mommy atau yang berjudul asli Ich Seh Ich Seh ini berasal dari Australia yang disutradarai oleh Severin Fiala dan Veronika Franz. Goodnight Mommy bercerita tentang sepasang anak kembar yang bernama Lukas dan Elias (Lukas&Elias Schwarz) yang kedatangan ibunya (Susanne Wuest)  paska operasi kecelakaan. Mereka tinggal di sebuah rumah yang indah di dekat hutan dan ladang jagung. Setelah ibunya pulang, Lukas dan Elias merasa bahwa yang ada dirumah mereka adalah ibu mereka yang sebenarnya. Lukas dan Elias mulai mencari tahu siapa yang sedang tinggal dengan mereka.



Dari awal film kita sudah diperlihatkan visual yang indah tapi terasa seramnya seperti di ladang jagung, hutan, dan rumah itu sendiri. Bagaimana kita diperlihatkan sosok ibu yang creepy dengan wajah yang dibalut perban. Tidak ada penampakan sosok hantu dan momen-momen jump scare di film ini. Yang bikin seram adalah sosok ibu yang dibalut perban dengan tatapan tajamnya, perubahan sikap ibunya yang akan membuat kita mengira bahwa........... (ups, takut spoiler :p) dan kisah antara ibu dan si kembar. 


Jujur, ini bukan tipe film yang saya suka. Saya lebih suka film horror yang dipenuhi dengan penampakan dan momen jump scare. Selera orang beda-beda kan? 
Film ini bergerak sangat lambat bagi saya. Saya menikmati film ini hanya di 30 menit terakhirnya saja. 30 menit terakhir terasa sangat menyakitkan sekaligus membuat mata saya terbuka kembali. Bagaimana anak kecil yang tidak bisa membedakan mana kenyataan dan imajinasi membuat 30 menit terakhir menjadi disturbing.


Si kembar, Elias dan Lukas Schwarz berhasil dengan baik memerankan karakter anak kembar yang kebingungan dan menakutkan. Menurut saya akting mereka terasa natural, tidak seperti dibuat-buat bahwa mereka menjadi anak yang 'sakit'. Begitu pula dengan Susanne Wuest yang memerankan karakter 'mommy', bisa misterius dan seperti monster ketika memakai perban, dan menjadi sangat emosional ketika perbannya sudah dibuka.



Overall, Goodnight Mommy adalah film yang seram bukan dengan penampakan-penampakan, tapi dengan visual yang membuat atmosfer seram dari setting tempat dan karakter. Tapi film ini bukan tipe film horror yang saya suka. Jika kalian mempunyai selera seperti saya, maka harus bersabar untuk sampai ke endingnya. Oya, kalau kalian berminat nonton film ini, don't watch the trailer. Nikmatin aja filmnya dari awal sampai akhir. 

Selamat menonton! ^^


You may also like

15 comments:

  1. Haloo saya baru nonton Goodnight Mommy tapi ga ngerti jalan ceritanya, diakhir si mommynya bilang 'lukas sudah meninggal' saya bingung -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ina, udah dijawab semua ya sama komen dibawah. Silahkan dilihat.

      Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  2. @ Ina Ratnasari :..BAGI YANG BELUM NONTON JANGAN DIBACA YA??..SPOILER ALERT!!

    Film ini cukup bagus..memang awalnya kita "dipancing" untuk percaya bahwa si ibu lah jadi "sumber masalah",..namun pada endingnya kita baru sadar kalau yang bermasalah adalah Elias, yang memiliki kembaran (Lukas) yang sudah meninggal dunia jauh hari sebelum ibunya operasi wajah.
    Rupanya setelah ditinggal oleh ibunya, Elias mempunyai imaginary brother yang sudah meninggal yakni Lukas.
    Sebenarnya, dari awal film ini kita sudah mendapat "clue" tentang apa yang sebenarnya terjadi,..semisal penampilan berbeda antara Lukas dan Elias,..semisal pada suatu adegan..ketika mereka bermain bersama,..baju si Elias menjadi kotor, namun baju yang dikenakan Lukas tetap bersih..hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya Lukas tidak pernah ada di kenyataan.

    Bagaimana Lukas Meninggal??...Lukas meninggal tenggelam di danau saat bermain bersama Elias,..hal ini bisa kita lihat pada adegan saat Elias dan Lukas main di danau..dimana Elias memanggil-manggil Lukas yang masih didalam air, namun muncul gelembung udara., oleh karenanya saat terakhir sebelum dibakar,..Ibunya menyatakan "Kematian Lukas bukan salah kamu, Elias...itu adalah kecelakaan!"

    Untuk Ending-nya..jelas sekali semuanya meninggal,..Lukas karena tenggelam,..sedangkan Elias dan Ibunya terbakar dirumahnya.,,..dimana akhirnya jiwa mereka bertiga bertemu kembali di ladang jagung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, udah dijawab semuanya nih. Untuk film tipe kaya gini coba nonton A Tale of Two Sisters (Korea) deh.

      Makasih udah mampir :)

      Delete
    2. mau nanya dong, itu org tua aslinya atau bukan? soalnya pas nonton ibunya perutnya dibelah keluar kecoa hidup sama malam malam suka kehutan gt

      Delete
    3. +Devina Nurfitri, itu cuman mimpi si elias.. coba deh liat pas waktu perut di belah dan mamanya ke hutan pas itu si elias langsung bangun

      Delete
  3. Maakasih..bru fhm ctr sbnar..ngak ada subtitle..bhasa german lg..nsib ada sinopsisnya sis
    sis

    ReplyDelete
  4. Maakasih..bru fhm ctr sbnar..ngak ada subtitle..bhasa german lg..nsib ada sinopsisnya sis
    sis

    ReplyDelete
  5. But why? Ibunya makan kecoa, trus hal gila lainnya? Ini benar2 membingungkan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma mimpinya si elias, bukan kenyataan

      Delete
    2. itu cuma mimpinya si elias, bukan kenyataan

      Delete
  6. ini film Austria, bukan Australia ��

    ReplyDelete
  7. Udah dapat spoilernya. Rasa penasaran udah terobati, gak perlu nonton lagi hehe. Soalnya males nonton film ber-genre horor. Mantap dah admin nya, makasih ya admin (y)

    ReplyDelete
  8. Hmm gitu yah trnyata :v baru pham 😅😅 pantesan si mamanya slalu suruh elias untuk gak bcara sm lukas, trnyata lukasnya udah mninggal toh :'v

    ReplyDelete

Powered by Blogger.